Sabtu, 29 Februari 2020

Cara cek BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Praktis


Cara Cek BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Praktis - Kesehatan BPJS terus mengalami peningkatan peserta. Ini karena, jika dibandingkan dengan asuransi, premi kesehatan BPJS jauh lebih murah. Secara umum.

BPJS kesehatan dibagi menjadi dua bagian, yaitu BPJS PBI (Penerima Bantuan Kontribusi). Cek BPJS Kesehatan ini gratis karena biaya ditanggung oleh pemerintah dan BPJS independen yang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

Cara cek BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Praktis

BPJS kesehatan
Kesehatan BPJS kelas 1
BPJS kelas 1 menetapkan biaya kesehatan per bulan untuk peserta sebesar Rp 80.000 per orang. Tentunya untuk peserta kesehatan kelas 1 BPJS ini akan mendapatkan fasilitas rawat inap yang lebih baik seperti kamar kelas 1 untuk rawat inap.

BPJS kesehatan kelas 2
Untuk biaya kelas 2, Anda diharuskan membayar biaya bulanan Rp 51.000 per orang. Jadi, apa fasilitas kesehatan kelas 2 BPJS? Anda pasti akan mendapatkan ruang rawat inap kelas 2.

BPJS kesehatan kelas 3
Akhirnya, ada BPJS kelas 3 kesehatan yang merupakan biaya paling ringan dan paling terjangkau bagi banyak pihak karena Anda hanya perlu membayar biaya bulanan sebesar Rp. 25.500 untuk satu orang. Fasilitas yang didapat pasti di ruang rawat inap kelas 3.

Bagaimana Cara Cek BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Praktis?

BPJS kesehatan
Sesuai dengan peraturan yang berlaku, kontribusi kesehatan BPJS harus dibayarkan pada awal bulan, yaitu setiap tanggal 1 hingga 10 bulan itu. Lalu bagaimana jika kita belum melakukan pembayaran setelah tanggal 10?
Mari kita simak bersama ketentuan baru, yaitu :

Status dinonaktifkan
Status keanggotaan yang dinonaktifkan ini dapat terjadi jika Anda menunggak pembayaran BPJS kesehatan selama 1 bulan. Selama periode tidak aktif ini, kartu kesehatan BPJS tidak akan digunakan. Status keanggotaan dapat diaktifkan kembali jika Anda sudah melakukan pembayaran.

Bayar denda 2,5%
Pembayaran denda 2,5% yang dimaksud di sini bukan pembayaran denda bagi Anda yang menunggak pembayaran biaya bulanan, tetapi bagi Anda untuk menggunakan BPJS kesehatan untuk melakukan rawat inap setelah kartu BPJS kesehatan aktif kembali selama 45 hari.

Sanksi pelayanan publik
Anda perlu tahu bahwa status BPJS kesehatan Anda tidak aktif karena Anda belum pernah membayar tagihan kontribusi Anda, maka ada sanksi layanan publik yang akan dikenakan pada Anda. Sanksi pelayanan publik ini bisa dalam bentuk tidak bisa membuat paspor, memperpanjang SIM atau SNTK.

BPJS kesehatan
Karena teknologi telah menjadi lebih canggih, jika Anda biasanya membayar BPJS kesehatan dengan datang langsung ke kantor BPJS kesehatan, sekarang Anda dapat cek bpjs kesehatan secara online. Ada empat cara untuk memeriksa BPJS kesehatan yang dapat Anda pilih, yaitu :

Cara Memeriksa Kesehatan BPJS Melalui Internet Banking
Cara pertama untuk memeriksa kesehatan BPJS adalah dengan menggunakan layanan internet banking. Tetapi tidak semua bank dapat menggunakan layanan internet banking untuk membayar BPJS online karena hanya bank tertentu yang dapat menggunakan layanan ini seperti Bank Lokal.

Cara membayarnya tidak jauh berbeda karena secara umum Anda hanya perlu melewati tahap ini :

·        Buka situs internet banking dan masuk
·        Pilih menu pembayaran dan BPJS (jika tidak ada menu BPJS, Anda dapat memilih menu asuransi)

·        Masukkan nomor akun virtual kesehatan BPJS dan jumlah bulan yang ingin Anda bayar

·        Periksa kembali nilai faktur yang ditunjukkan dan pilih akun debit
·        Klik OK dan bayar sekarang

Itulah ulasan tentang cara Cek BPJS Kesehatan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.