Minggu, 05 Juli 2020

Do’s and Don’t Saat Memakai Masker Kain

Melihat kebutuhan masker bedah untuk tenaga medis yang semakin banyak. dan harga masker bedah yang mahal, membuat WHO mengeluarkan himbauan penggunaan masker kain untuk orang yang terlihat sehat. Sedangkan masker bedah hanya digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit. Dengan adanya virus corona ini, kita wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Masker bisa menghalangi masuknya droplet dari virus ini. masker kain bisa menjadi pilihan yang tepat. apalagi toko yang jual masker kain pun semakin banyak.

Do’s and Don’t Saat Memakai Masker Kain

Walaupun begitu penggunaan masker kain harus sesuai dengan prosedur kesehatan yang benar. Anda tidak boleh menggunakan masker dengan sembarangan. Supaya bisa melindungi hidung dan mulut dari virus. Daripada tidak menggunakan masker, memang lebih baik menggunakan masker kain. Pastikan anda menggunakannya dengan benar dan memilih jenis masker kain yang tepat. berikut ini hal yang harus anda lakukan dan jangan lakukan dalam memakai masker kain.

Do’s
Inilah hal-hal yang harus anda lakukan dalam menggunakan masker kain. Pastikan jual masker kain harus tahu semua hal berikut ini.
  • Sebelum menggunakan masker kain, anda harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Kemudian pakai masker di wajah dengan venar. Selipkan karet atau tali masker ke bagian belakang telinga. Ikat dengan erat, pastikan bisa menutupi bagian hidung dan mulut dengan baik. serta tidak mudah terlepas.
  • Gunakan masker yang sesuai dengan ukuran wajahmu. Jangan pilih masker yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sehingga bagian dagu, mulut dan hidung tertutup dengan baik.
  • Setelah menggunakan masker, lepas dari bagian tali pengikat. Jangan memegang bagian masker yang menyentuh wajah. Kemudian cuci tangan anda sampai bersih. Selain itu langsung cuci masker kain dengan deterhen dan air hangat, supaya virus mati.
  • Segera ganti masker yang basah, sobek atau rusak. karena sudah tidak layak digunakan.

Don’ts
Selain ada hal yang harus anda lakukan, ada pula hal-hal yang tidak boleh anda lakukan.
  • Jangan menggunakan masker kain lebih dari 4 jam. Karena masker kain bisa menyerap air. Berbeda dengan masker N95 dan masker bedah. Air liur atau droplets dalam waktu lama akan menempel pada kain dan terhirup hidung anda. oleh karena itu harus menggantinya dengan rutin
  • Saat memperbaiki masker, jangan menyentuh bagian kain. Tapi sentuh bagian tali dan langsung cuci tangan.
  • Bagian luar masker jangan sampai terkena wajah
  • Jangan menggunakan masker secara berulang lebih dari 4 jam tanpa cicuci. Karena bakteri dan virus akan terus menempel.
  • Walaupun bisa digunakan berulang, jangan menggunakan masker orang lain atau keluarga. Bedakan masker punyamu dan orang lain, walaupun masker tersebut sudah di cuci.

Dengan menggunakan masker yang benar, anda bisa mencegah infeksi covid19. Anda juga bisa membuat masker di jual masker kain yang terpercaya.