Minggu, 25 Oktober 2020

Bayi Sulit Makan? Coba Berikan 5 Makanan dengan Kandungan Zinc Ini

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk bayi dapat dilakukan dengan memberikan beragam jenis makanan. Terutama apabila anak sudah memasuki usia MPASI yaitu melewati usia mengonsumsi ASI eksklusif.

 

Kebutuhan nutrisi yang tak terpenuhi dengan baik bisa mengakibatkan masalah gizi dan mengganggu kesehatan bayi. Oleh sebab itu, orangtua disarankan memberikan asupan gizi cukup yang berasal dari beragam jenis makanan.

 

Bayi Sulit Makan Coba Berikan 5 Makanan dengan Kandungan Zinc Ini

Makanan yang Mengandung Zinc

Seringkali, orangtua mengalami masalah memberikan makanan dengan gizi berimbang karena anak susah makan. Ketika menghadapi bayi yang susah makan, Anda bisa memberikan makanan mengandung zinc untuk meningkatkan nafsu makan. Beberapa makanan mengandung zinc atau besi yang baik adalah:

 

1.     Daging-dagingan

Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi manusia, termasuk bayi. Mengandung zat besi dan vitamin B12, daging sangat disarankan untuk dikonsumsi bayi mulai usia 6 bulan. Daging ayam maupun sapi dan berbagai daging merah lainnya bisa dikonsumsi bisa diberikan pada si kecil.

 

Anda bisa mengolah daging sapi agar mudah dikonsumsi bayi dengan menggilingnya hingga halus dan mencampurkannya dengan berbagai bahan lain. Bisa juga membuat sup dengan potongan kecil.

 

2.     Kacang-kacangan

Memenuhi vitamin untuk bayi juga bisa dilakukan dengan memberikan kacang-kacangan. Selain mengandung zinc, kacang juga mengandung berbagai vitamin di dalamnya (tergantung jenis kacang yang dipilih) yang mampu memenuhi kebutuhan gizi anak.

 

Anda bisa memilih kacang tanah, kacang hijau, almond, dan kacang lainnya untuk diolah bersama bahan makanan lain. Namun, sebelum memberikan kacang sebaiknya ketahui dahulu apakah si kecil memiliki alergi terhadap kacang atau tidak.

 

3.     Telur

Selain mudah diolah dan memiliki harga terjangkau, ternyata telur juga mengandung zinc yang mampu meningkatkan nafsu makan anak. Anda bisa mengolah telur dengan berbagai cara misalnya direbus atau dibuat telur orak-arik. Kebanyakan anak pun menyukai rasanya.

 

Namun, memberikan telur juga tak boleh berlebihan dan pastikan anak tak memiliki alergi terhadap telur sehingga aman ketika mengonsumsinya.

 

4.     Keju dan Susu Sapi

Susu sapi dan berbagai hasil olahannya seperti keju memiliki kandungan nutrisi yang mampu memberikan asupan gizi bagi bayi. Selain itu, juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan nafsu makan si kecil.

 

Anda bisa memberikan susu sapi segar atau mengolah susu menjadi berbagai makanan yang disukai anak. Begitu pula dengan keju yang bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya.

 

5.     Cokelat Hitam

Memberikan cokelat hitam juga bisa menambah nafsu makan si kecil. Buatlah olahan dari cokelat hitam seperti puding atau kue dan berikan pada bayi yang mengalami susah makan. Dijamin akan meningkatkan nafsu makannya.

 

Kandungan zinc dalam makanan memang mampu meningkatkan nafsu makan, sekaligus memperbaiki daya tahan tubuh. Sangat cocok jika diberikan kepada anak yang mengalami susah makan. Semoga informasi artikel parenting mengenai vitamin untuk bayi yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan ini bermanfaat untuk Anda.